Petunjuk Penulisan

JUDUL (Maksimal 14 kata) FONT ARIAL (14 PT)

 Nama Penulis tanpa disertai  gelar akademik (Arial 11 pt bold)
Nama lembaga tempat penulis berkerja disertai alamat email (TNR 10 pt)

 ABSTRAK (Arial 11pt)

Berikut ini disampaikan petunjuk dan format penulisan artikel serta penilaiannya untuk publikasi di Jurnal Teknika (Arial 10 pt)

 ABSTRACT (Arial 11pt)

Submission of an article is understood to imply that article is original and unpublished and is not being considered for publication elsewhere (else were). Upon acceptance of an article, the author (s) will be asked to transfer the copyright of the article to Journal Teknika (Arial 10 pt)

 1.      Pendahuluan

Jurnal Teknika mempublikasikan hasil penelitian ilmiah di bidang ilmu teknik yang berupa penelitian dasar, perencanaan, perancangan dan studi pengembangan dengan kontribusi orisinal dan jelas. Artikel yang masuk dipahami sebagai hasil penelitian orisinal yang belum pernah dipublikasikan atau dipertimbangkan untuk publikasi di tempat lain.

1. 2.      Petunjuk Penulisan

Artikel dapat ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, sedang abstrak dibuat dalam dua bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (±200 kata) dengan kata kumci sebanyak 3-5 pengertian (deskriptor). Artikel ditulis menggunakan kertas ukuran A4 dengan format 1 (satu) kolom dengan margin kiri 3 cm, margin kanan, atas dan bawah masing-masing 2 cm serta jumlah halaman antara 8-12 halaman. Artikel ditulis menggunakan huruf Times New Roman, spasi tunggal, judul teks (12 pt) dan isi teks (11 pt). Naskah dibuat dalam bentuk narasi. Banyaknya gambar dan tabel tidak melebihi 50% dari jumlah halaman naskah.

Materi disusun  mengikuti kaidah  umum sebagai berikut :

  1. Pendahuluan meliputi latar belakang, perumusan masalah, dan tujuan penelitian. (10%)
  2. Studi pustaka mencakup kajian teori dan hasil penelitian terdahulu yang relevan. (15%)
  3. Metodologi  Penelitian yang berisi rancangan/model, sampel dan data, tempat dan waktu, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data. (10%)
  4. Hasil dan pembahasan (50%)
  5. Simpulan dan Saran (15%)
  6. Daftar Pustaka

1. 3.      Penilaian Naskah

Semua naskah yang masuk akan dinilai oleh reviewer/penyunting ahli/mitra bestari dengan format penilaian yang telah ditetapkan oleh Dewan Redaksi. Hasil penilaian dari reviewer/penyunting ahli akan diolah oleh Tim Editor dan dikembalikan ke penulis untuk diperbaiki bila perlu. Artikel akan dimuat jika penulis dapat  menyerahkan artikel yang telah direvisi sebelum tanggal yang ditentukan.

 1. 4.      Pengiriman Naskah

Artikel berupa print out dan softcopy dalam CD yang telah mengikuti acuan di atas, dapat dikirim langsung atau melalui pos kepada :

Sekretariat Jurnal Teknika (a.n Rahmayetty, ST.,MT)
d.a. Fakultas
Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Jend.Sudirman km 3 Cilegon, Banten 42435
Telp.
081219260041 (0254) 395502, 372261
Email :
jurnalteknika@yahoo.com